PENYUSUNAN RoadMap Dan RENCANA KERJA





Hay guyss..Jumpa lagi dengan saya dan pastinya kalian sudah tau siapa saya dan yang belum tau siapa saya ayo kepoin saya... haha.. Garing-__-). Oke lanjut..

Disini saya akan memberikan sedikit motivasi dengan jalan RoadMap atau Rencana Kerja, ini sebuah pembelajaran yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi teman-teman semua.. gak deng.. gak semua.. pasti ada yang masih belum tau tentang apa itu Roadmap dan bagaimana jalan kerjanya. Kita tau kawan bagaimana jika kita sebagai manusai/atau mahluk hidup yang bergerak pasti punya tujuan dan cita-cita atau keingin bukan??  Baik lah saya akan langsung memberikan

1. PENGERTIAN
Road Map merupakan cara atau paduan yang digunakan sebagai pentunjuk arah atau jalan. Road Map juga merupakan rencana rinci yang memuat tahapan sistematis mengenai pelaksanaan satu program kegiatan dalam kurun waktu tertentu.
Roadmap atau peta jalan adalah rencana kerja rinci yang menggambarkan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Roadmap juga bisa diartikan dengan a map of roads atau peta jalan untuk bisa memberikan petunjuk jalan.

2. LATAR BELAKANG

Dengan semakin banyaknya aktivitas ,tugas, pekerjaan atau banyak hal yang harus di penuhi yang sifatnya wajib ,pastinya kita menemukan kebingungan dalam mengerjakan hal yang mana terlebih dahulu, dan bagaimana serta kapan kita harus mengerjakannya. maka dari itu kita harus memiliki Road Map untuk semata-mata agar dappat memiliki arah dan tujuan dalam mengerjakan sesuatu agar terarah.

3. TUJUAN ROAD MAP

  1.  Menjadi instrumen yang akan memandu perubahan lingkungan kegiatan sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya
  2. Menjadi Instrumenn yang dapat mempersatukan seluruh kegiatan dalam lingkungan yang membatasinya
  3. Menjadi instrumen yang dapat memberikan petunjuk tentang  darimana dan akan kemana perubahan dilakukan dalanm rangka mensukseskan program
  4. Merupakan dokumen yang menjadi acuan dalam melakukan perubahhan setiap individu dibidangnya..


4. PRINSIP DASAR ROADMAP
  1. JELAS - Road Map harus mudah dipahami dan dilaksanakan 
  2. RINGKAS - Road Map disajikan secara ringkas dan padat sesuai format yang ditentukan  
  3. TERUKUR - Program , kegiatan, target, waktu, output ,outomes harus dapat diukur
  4. ADJUSTABLE - ROad Map dapat mengakomodasi umpan balik dan perbaikan yang diperlukan
  5. TERINCI - Road Map merupakan rincian dari pelaksanaan kegiatan dan hasil kegiatan tersebut
  6. KOMITMEN - Road Map merupakan rkesepakatan bersama yang memberikan gambaran 
  7. DOKUMEN RESMI - road map harus menjadi dokumen resmi yang dapat ditetapkan dalam lingkungan kerja yang bersangkutan
5.  SISTEMATIKA ROAD MAP
A. Ringkasan Eksekutif
B. Pendahuluan
C. Kondisialisasi rencana aksi program dan kegiatan :
 1. Pencapaian
  •  Melakukan assessmet terhadap komdidsi organisasi saat ini 
  • Mengidentifikasi berbagai permasalahan yang memberikan pengaruh pada pencapaian kinerja organisasi
  • Mengidentifikasi berbagai pencapaian kinerja dan faktor yang menjadi kunci keberhasilan
 2. Rencana
  • Melakukan assessment terhadap kondisi kinerja saat ini 
  • Mengidentifikasi berbagai kelamahan yang perlu diperbaiki agar memiiki kemampuan untuk mewujudkan kinerja organisasi yang diharapkan
  • Merumuskan tujuan dansasaran ( tahunan )
  • Menyusun rencana program, kegiatan dan tahapan kerja
  • Merumuskan agenda prioritas
 3. Kriteria keberhasilan
  • Indikator adalah sebuah instrumen yang memberikan informasi atau sebuah variable ,yang bertujuan mengukur variable peribahan atau proses
  • Dari jenisnya indikator dapat dibedakan menjadi indikator keluaran ( output dari indikator hasil (outcome) ,sementara dari cara pengukuran dapat dibedakan kepada indikator kuantitas ( kuantitive indicator ) dan indikator kualitas ( kualiti indicator)
  • Suatu indikator dapat dikatakan baik memenuhi prasyarat, spesific, measurabe, achivable., measurable, achivable, relevant, and time bound (SMART)
 4. Agenda prioritas
  •  Dampak yanDampak yang ditimbulkan dari kegiatan dan aktivitas( tahapan aktifitas (tahapan kinerja ) yang dilakukan  terhadap setiap kinerja saat ini)g ditimbulkan dari kegiatan dan aktivitas( tahapan aktifitas (tahapan kinerja ) yang dilakukan  terhadap setiap kinerja saat ini)
  • Dampak yang ditimbulkan dari kegiatan & aktivitas ( tahapan kerja ) yang dilakukan tahapan kegiatan dan aktivitas ) tahapan krja) lainnya. 
  • Dampak yang ditimbulkan dari kegiatan & aktivitas ( tahapan kerja ) yang dilakukan tahapan kegiatan dan aktivitas ) tahapan krja) lainnya.
  • Sekuen dari kegiatan dan aktivitas ( tahapan kerja ) dalam kerja
  • Keterkaitan antar satu kegiatan dan kegiatan lain secara sistematis sesuai dengan karakteristik masing2 pekerjaan
 5. Waktu pelaksanaan daan tahapan
 6. Penangungjawab
 7. Rencana Anggaran

Sekian yang dapat saya sampaikan jika ada kurangnya jadikanlah kelebihan anda , jika ada lebihnya biarlah jadi kekurangan anda. 



Previous
Next Post »

MARKAS BESAR