MANAJEMEN PROYEK
A. PENGETIAN
Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek. Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu, dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan), untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik, dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah. Proyek selalu bersifat sementara atau temporer dan sangat kontras dengan bisnis pada umumnya (Operasi-Produksi), dimana Operasi-Produksi mempunyai sifat perulangan (repetitif), dan aktifitasnya biasanya bersifat permanen atau mungkin semi permanen untuk menghasilkan produk atau layanan (jasa/servis). Pada prakteknya, tipe manajemen pada kedua sistem ini sering berbeda, dengan kemampuan teknis dan keputusan manajemen strategis yang spesifik.
B. LATAR BELAKANG
Semakin maju peradaban manusia, semakin cangih dan kompleks proyek yang dikerjakan dengan melibatkan pengguna sumberdaya dalam bentuk tenaga manusia, material dan dana yang jumlahnya bertambah besar. Diiringi pula dengan semakin ketat kompetisi penyelenggaraan proyek untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga dibutuhkan cara pengelolaan, metoda serta teknik yang paling baik sehingga pengunaan sumber daya benar-benar efektif dan efisien sehingga dibutuhkan manajemen proyek. Dengan kata lain manajemen proyek tumbuh karena dorongan mencari pendekatan penggelolaan yang sesuai dengan tuntutan dan sifat kegiatan proyek, suatu kegiatan yang dinamis dan berbeda dengan kegiatan operasional rutin. Manajemen Proyek berbeda dengan manajemen klaisik yang berhasil menggelola kegiatan operasional. Hal ini karena beberapa prilaku proyek yang penuh dinamika dan adanya perubahan cepat.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk menambah pengetahuan tentang segala aspek kegiatan dari manajemen proyek dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua para pembaca.
D. TUJUAN PENULISAN
Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang segala aspek kegiatan dari manajemen proyek dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua para pembaca.
Jadi setiap apapun Program Kerja yang akan kita lakukan, kita harus mempersiapkan dengan matang perencaan tersebut. Harus se Konkrit'nya. Sebab di perencanaan ialah 60% dari suatu Pekerjaan. Apabila perencanaan telah sempurna, maka sama dengan lebih dari setengah pekerjaan kita laksanakan.
Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek. Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu, dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan), untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik, dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah. Proyek selalu bersifat sementara atau temporer dan sangat kontras dengan bisnis pada umumnya (Operasi-Produksi), dimana Operasi-Produksi mempunyai sifat perulangan (repetitif), dan aktifitasnya biasanya bersifat permanen atau mungkin semi permanen untuk menghasilkan produk atau layanan (jasa/servis). Pada prakteknya, tipe manajemen pada kedua sistem ini sering berbeda, dengan kemampuan teknis dan keputusan manajemen strategis yang spesifik.
B. LATAR BELAKANG
Semakin maju peradaban manusia, semakin cangih dan kompleks proyek yang dikerjakan dengan melibatkan pengguna sumberdaya dalam bentuk tenaga manusia, material dan dana yang jumlahnya bertambah besar. Diiringi pula dengan semakin ketat kompetisi penyelenggaraan proyek untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga dibutuhkan cara pengelolaan, metoda serta teknik yang paling baik sehingga pengunaan sumber daya benar-benar efektif dan efisien sehingga dibutuhkan manajemen proyek. Dengan kata lain manajemen proyek tumbuh karena dorongan mencari pendekatan penggelolaan yang sesuai dengan tuntutan dan sifat kegiatan proyek, suatu kegiatan yang dinamis dan berbeda dengan kegiatan operasional rutin. Manajemen Proyek berbeda dengan manajemen klaisik yang berhasil menggelola kegiatan operasional. Hal ini karena beberapa prilaku proyek yang penuh dinamika dan adanya perubahan cepat.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk menambah pengetahuan tentang segala aspek kegiatan dari manajemen proyek dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua para pembaca.
Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang segala aspek kegiatan dari manajemen proyek dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua para pembaca.
PEMBAHASAN
Setelah kita tahu pengetian, latar belakang, maksud dan tujuan diatas kita selanjutnya akan masuk ke anah fungsionalitas dari manajemen poyek tersebut. Sebagai pedoman dalam bahasan kali ini fungsi manajemen didasarkan pada
pendapat George R. Terry. George R. Terry memberikan empat fungsi
fundamental dari manajemen, yakni :
- Planning
- Organizing
- Actuating
- Controlling
Pertama kita masuk ke Planning. Atau Perencanaan. Menurut Wiki
perencanaan ialah PATOKAN untuk
mempermudah menejer agar tercapainya sebuah tujuan, membuat strategi
untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja
organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi
manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian,
pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.
Jadi setiap apapun Program Kerja yang akan kita lakukan, kita harus mempersiapkan dengan matang perencaan tersebut. Harus se Konkrit'nya. Sebab di perencanaan ialah 60% dari suatu Pekerjaan. Apabila perencanaan telah sempurna, maka sama dengan lebih dari setengah pekerjaan kita laksanakan.
Y
ang Kedua ialah Organizing atau Organisasi. Menurut Wiki Organisasi ialah Suatu wadah
dimana isinya sekelompok orang yg memiliki tujuan yang sama serta ingin
mencapai tujuan tersebut. Jadi Pengorganisasian itu fungsinya untuk
membagi" pekerjaan. Bukan berarti kita tidak fokus dengan suatu
pekerjaan. Namun dalam pengorganisasian inilah kita dapat memecah satu
permasalahan kepada seluruh anggota untuk diselesaikan bersama. Tentu
dalam Organisasi kita harus memiliki Pemimpin atau leader untuk tim
kita. Guna menyatukan pemikiran anggotanya yg pasti berbeda" dan mampu
mengambil jalan yg tepat atau mampu menentukan pendapat terbaik. seorang
leader harus mampu mengenal sifat dan watak dari anggotanya. Dari
situlah seorang leader dapat menentukan tugas yg cocok untuk anggota -
anggotanya..
Kemudian yang ketiga ialah actuating atau pelaksanaan atau penggerakan.
Penggerakan diartikan sebagai fungsi Manajemen Proyek untuk menggerakan
orang yang tergabung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yang
telah ditetapkan didalam planning. Jadi disini juga diperlukan fungsi
dari seorang leader. Karna penggerakan akan terlaksana apabila seorang
leader dapat mengarahkan serta membina anggotanya untuk melakukan hal
yang sesuai dengan sifat atau karakteristik per individu.
Kemudian yang terakhir ialah Pengendalian. Menurut Wiki Pengendalian itu
ialah didefinisikan sebagai suatu proses, yang dipengaruhi oleh sumber
daya manusia dan sistem teknologi informasi, yang dirancang untuk
membantu organisasi mencapai suatu tujuan atau objektif tertentu. jadi,
Kegiatan yg telah kita lakukan itu harus terjamin ketepatannya. Guna
menyesuaikan hal yang telah di rencanakan dengan hal yang telah
dilaksanakan. Controlling ini sendiri tidak jauh berbeda artiannya
dengan evaluasi. Jadi dari usaha apapun yg telah kita lakukan akan
dievaluasi guna meminimkan kesalahan yang terjadi. Dan Orang yang
memberi tugas dalam hal ini pun merasa puas dengan tugas yang telah
diberikan.
Kesimpulan dari artikel saya diats yang telah menjelaskan bagaimana pentingnya dari Prinsip Manajemen
Proyek ini. Semoga dengan ini banyak pekerja baik disemua bidang mau
menerapkan Prinsip manajemen Proyek.
Dari pembahasan diatas kita telah membahas juga yang namanya program dan poyek, tapi asalkan anda tahu jikalau Program dan Proyek itu berbeda definisi. Secara ringkas Program bisa didefinisikan sebagai Perancanaan sedangkan Proyek itu sendiri lebih ke pelaksanaan. Untuk lebih jelasnya bisa kalian baca artikel saya yang lainya tentang PERBEDAAN DAN DEFINISI PENTING DARI PROGRAM DAN PROYEK.
ConversionConversion EmoticonEmoticon